Home » » Fakta Tentang Kelapa Kopyor

Fakta Tentang Kelapa Kopyor

Written By Misterje on 03 Oktober 2011 | 11:31:00 AM

Kelapa kopyor merupakan salah satu jenis kelapa yang bisa dibilang tidak normal. Dibilang tidak normal karena buah dari kelapa ini berbeda dengan buah kelapa pada umunya. Isi dari buah kelapa kopyor lebih lunak dan memiliki rasa yang khas. Pohon kelapa kopyor pada umunya sama dengan pohon kelapa yang lainnya, yang membedakan hanya buah yang dihasilkan. Untuk orang pada umumnya, pasti kesulitan untuk membedakan buah kelapa kopyor maupun pohon kelapa kopyor dengan kelapa biasa. Tidak ada ciri khusus yang terlihat kasat mata dari pohon maupun buah kelapa kopyor yang dapat membedakan dengan jenis kelapa yang lain.

Kebanyakan orang memang tidak begitu tahu tetang kelapa kopyor. Tetapi beberapa orang ada yang tahu dan beberapa juga ada yang paham tentang seluk beluk kelapa kopyor. Sekarang kita akan cari tahu apa sajakah fakta-fakta yang dapat didapatkan dari jenis kelapa yang satu ini, kelapa kopyor. Berikut adalah beberapa fakta mengenai kelapa kopyor.


Kelapa kopyor merupakan kelapa yang upnormal.
Dikatakan upnormal karena buah yang dihasilkan dari jenis kelapa ini berbeda dengan buah yang dihasilkan jenis kelapa yang biasanya. Buah yang dihasilkan lebih lunak dan memiliki rasa yang khas. Bentuk isi buah yang lebih lunak dari biasanya membuat isi buah ini mudah berkumpul jadi satu saat terkena guncangan atau dipukul. Upnormal yang dimaksudkan bukan pada bentuk pohon maupun pertumbuhannya, tetapi pada buah yang dihasilkan.
Kelapa kopyor memiliki rasa dan bentuk isi yang khas dan berbeda dengan kelapa yang lain.
Buah kelapa kopyor memiliki rasa dan bentuk isi buah yang berbeda dengan buah kelapa pada umumnya. Rasa buah kelapa kopyor lebih manis dan rasa sari santan yang dimiliki lebih terasa.
Tidak semua buah dari pohon kelapa kopyor adalah kopyor.
Walaupun namanya kelapa kopyor / pohon kelapa kopyor, tidaklah semua buah yang dihasilkan merupakan kelapa kopyor. Ada beberapa kelapa yang tidak kopyor. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain faktor indukan, faktor cuaca, faktor geografis tempat tumbuh, dan pengaruh dari jenis pohon kelapa yang lain saat penyerbukan.
Bibit kelapa kopyor diperoleh dari buah yang tidak kopyor pada pohon kelapa koypor.
Salah satu keunikan dari pohon kelapa kopyor ini adalah bibit yang akan ditanam kembali diperoleh dari buah yang tidak kopyor pada pohon kelapa kopyor. Hal ini disebakan buah yang kopyor tidak dapat dikembangbiakan. Buah yang kopyor akan membusuk jika dibibitkan. Buah yang tidak kopyor inilah yang akan akan menjadi bibit indukan. Kwalitas bibit akan ditentukan dari kualitas indakan yang diambil.
Harga buah kelapa kopyor lebih mahal dibandingkan kelapa biasa.
Buah yang upnormal tetapi memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Buah kelapa kopyor dalam dunia pemasaran memiliki harga yang cukup tinggi. Tidak semua kalangan masyarakat yang dapat menikmati rasa buah kelapa ini karena mahalnya harga yang dipatok untuk buah yang satu ini. Harganya mencapai Rp. 50.000,- / buah yang ukurannya besar.
Tidak semua daerah dapat menghasilkan bibit kelapa kopyor.
Bibit kelapa kopyor berbeda dengan bibit kelapa yang lainnya. Bibit kelapa kopyor hanya dapat dijumpai dibeberapa daerah saja. Hal ini dikarenakan bibit kelapa kopyor merupakan hasil khas dari daerah tertentu, jadi harus ada tanda yang menyatakan itu milik khas suatu daerah. Daerah-daerah yang ada bibit kelapa kopyornya seperti Kabupaten Pati, Kabupaten Boyolali dan daerah lain di sekitarnya.
Pohon kelapa kopyor berbuah sepanjang tahun.
Seperti pohon kelapa pada umunya, pohon kelapa kopyor juga dapat berbuah sepanjang tahun. Tingkat berbuahnya cukup tinggi untuk setiap masanya. Buah yang dihasilkan cenderung banyak dan cepat. Buah ini dihasilkan dari penyerbukan bunga sempuna yang terletak pada setiap ketiak batang daun. Kantung bunga terletak di dalam ketiak batang daun tersebut, yang nantinya akan melakukan penyerbukan ketika sudah matang.
Produktivitas buah yang kopyor dipengaruhi oleh musim.
Produktivitas dari buah kopyor dari pohon kelapa kopyor dipengaruhi oleh musim. Pada musim penghujan, produktivitas buah kopyor dari pohon kelapa kopyor menurun. Sedangkan pada musim kemarau, produktivitas buah kopyor meningkat. Tingkat kopyor pada satu ranting (janjang) pada musim kemarau mencapai 90% sampai 100%. Sedangkan pada musim penghujan biasanya kurang dari 50%.

Di atas adalah beberapa fakta mengenai kelapa kopyor yang terkenal itu. Mungkin masih banyak lagi fakta-fakta lain yang dapat ditemui pada jenis kelapa yang satu ini. Silahkan yang lebih tahu bisa share pengetahuaanya disini dengan menuliskan beberapa komentar yang membangun.


Artikel Terkait:

Share this article :
Artikel ditulis Oleh: Juri Setyanto
Misterje's Blog Updated Pada: 11:31:00 AM

avatarTentang Penulis
Saya adalah seorang blogger yang berusaha untuk membagikan ilmu yang telah didapatkan kepada pembaca semua yang berkunjung ke sini.

0 comments:

Poskan Komentar

Terimakasih atas kunjungannya. Semoga artikel ablog ini bermanfaat bagi Anda. Mohon komentarnya ya, untuk mengembangkan blog ini.... Terimakasih... Salammmmm

Misterje on Facebook

Artikel Terbaru

 
Copyright © 2013. Misterje's Blog - All Rights Reserved